#25
Kumpul Kreavi 25 - The New Waves of Heroes






Suasana regristasi Kumpul Kreavi

Kumpul Kreavi kali ini membawakan tema The New Wave of Heroes, membahas tentang pahlawan masa kini yang memiliki berbagai kemampuan kreatif seperti desain karakter, animasi, board game dan properti intelektual akan membagikan rahasia kekuatan super mereka berupa ide, gagasan, eksekusi, serta strategi distribusi untuk membantu mengembangkan industri kreatif Indonesia. Bertempat di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Kumpul Kreavi kali ini mendatangkan pemateri yang sudah malang melintang di bidang industri kreatif, antara lain Andi Martin (CEO Main Studios & Co-founder of Kratoon), Dennis Adishwara(CEO of Layaria & Co-founder of Kratoon), Andre Dubari(Business Manager of Manikmaya), Sunny Gho (CEO of KOSMIK), Ockto Baringbing (Creator of Suryaraka)





Opening session oleh Timothy Istianto

Kumpul Kreavi kali ini dibuka oleh Timothy Istianto, desainer grafis di Kreavi.com, selaku moderator acara.






Andre Dubari Session

Sesi pertama dibuka oleh Andre Dubari, Business Manager of Manikmaya Games. Manikmaya sendiri adalah game publisher, yang telah merilis banyak game mulai dari board game, card game, hingga digital game. Di awal sesi Andre bercerita tentang industri board game di seluruh dunia. Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal beberapa board game seperti ular tangga, monopoli dan catur, tapi sebenarnya jenis permainan board game di dunia banyak sekali, bahkan mencapai 6960 judul permainan. Andre juga menjelaskan tentang industri board game di tanah air yang belum terbangun karena masih menjadi hal baru dan kalah tenar dibanding dengan digital game. Melalui Manikmaya, Andre dan teman-teman mencoba berjuang mengembangkan industri board game di Indonesia agar lebih banyak dimainkan oleh masyarakat.





Andre Dubari Session

Mahardika merupakan salah satu board game hasil karya Manikmaya Games yang bercerita tentang kisah perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa saat melawan penjajah. Di sini pemain bisa memainkan berbagai karakter pahlawan kemerdekaan yaitu Ir. Soekarno, Prof. Moch Hatta, Ki Hajar Dewantara, Sutan Syahrir, Tan Malaka, Jend. Sudirman, dan Dr. Setiabudi. Tugas pemain adalah menghalau penjajah dengan memenangkan pertempuran yang ada di seluruh wilayah Nusantara. Dengan Mahardika, Manikmaya Games berharap agar pemuda-pemudi Indonesia bisa mengenal dan menghargai jasa pahlawannya.




Sunny Gho Session

Sesi kedua diisi oleh Sunny Gho, CEO KOSMIK, sebuah majalah komik Indonesia yang terbit setiap bulan. Di sesi ini Sunny menjelaskan tentang komik barunya yang terbit di Kosmik edisi ke-2, yaitu Suryaraka, the birth of Majapahit. Di komik Suryaraka ini, Sunny mencoba mengangkat salah satu cerita lokal di balik kehebatan Nusantara di masa lampau. Suryaraka sendiri adalah nama dari pasukan Raden Wijaya yang berhasil memukul mundur pasukan terkuat di dunia, penguasa setengah daratan di dunia saat itu, yaitu tentara Mongol. Di komik ini, Ockto Baringbing, salah satu komikus yang pernah memenangkan Silver Prize di International Manga Award, dipercaya sebagai penulis ceritanya.





Andi Martin Session

Sesi ketiga diisi oleh Kratoon, sebuah channel animasi digital Indonesia. Sesi ini dibuka oleh Andi Martin, CEO Main Studios dan Co-founder Kratoon, yang menjelaskan mengapa karakter animasi di Indonesia kalah populer dari karakter animasi luar negeri. Salah satu faktornya adalah karena masih jarang animasi lokal yang muncul di televisi nasional akibat harga yang ditawarkan oleh pihak televisi tidak sesuai dengan budget produksi animasi. Untuk itulah Kratoon hadir memberikan alternatif dengan menggunakan social media sebagai media penyebaran karakter melalui animasi pendek.



Dennis Adhiswara Session

Berikutnya, sesi diisi oleh Dennis Adhiswara, CEO Layaria & Co-founder Kratoon, yang menjelaskan tentang industri televisi saat ini. Di akhir sesi, Dennis Adishwara dan Andi Martin meresmikan chanel Kratoon.



Para Pemenang Kreavi Challenge - City of Heroes

Setelah sesi tanya jawab dengan pembicara, diumumkanlah 10 pemenang Kreavi Challenge - City of Heroes yang diselenggarakan dari tanggal 23 Oktober hingga 5 November, khusus untuk para kreator di Surabaya. 10 pemenang ini kemudian diundang makan malam langsung oleh Ibu Tri Rismaharini di hari yang sama.



Panitia Kreavi dan para Pembicara Kumpul Kreavi

Kreavi.com mengucapkan terima kasih kepada Universitas Kristen Petra, Surabaya dan segenap teman-teman volunteer yang turut membantu terselenggaranya acara Kumpul Kreavi.




Wefie Session

Untuk teman-teman yang mau berkolaborasi bersama mengadakan Kumpul Kreavi dapat mengirimkan email pengajuannya ke :

jojo@kreavi.com
cc: bagus@kreavi.com

Sampai jumpa di Kumpul Kreavi episode berikutnya :)

**dokumentasi oleh team DKV UK Petra


THE GUESTS
Andi Martin
Founder of Kratoon
Dennis Adishwara
CEO of Layaria & Co Founder of Kratoon
Andre Dubari
Business Manager of Manikmaya
Sunny Gho
CEO of KOSMIK
Ockto Baringbing
Creator of Suryaraka

DATE & LOCATION
10 November 2015
13:30 - 16:00 WIB

Universitas Kristen Petra
Ruang ATV 502, Gedung T

Jalan Siwalankerto 121-­131, Surabaya, Jawa Timur.


REGISTERED PEOPLE
and many more.
PHOTO
See Photos in our Facebook →